DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HEGEMONI BERITA ONLINE TENTANG COVID-19 KEPADA MASYARAKAT BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD FAHMI RAMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-17


ABSTRAK

Fahmi, M. 2020.Hegemoni Berita Online Tentang Covid-19 kepada Masyarakat Banjarmasin. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Rafiek, M. Pd.; (II) Dr. Zulkifli, M. Pd.

Kata kunci: hegemoni, berita online, Covid-19, masyarakat Banjarmasin

 

Pemerintah saat ini berupaya melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19. Akhirnya sejumlah kebijakan pun dikeluarkan, tetapi kebijakan itu tak serta merta dapat diterima oleh masyarakat. Tidak dipungkiri akhirnya pemerintah saat ini memerlukan awak media sebagai sarana penyampaian ideologinya kepada masyarakat. Awak media sendiri di masa pandemi juga memiliki peran penting dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 sebagai kontrol sosial di masyarakat selain informatif dan edukatif. Terutama pada produk jurnalistik yang tak lain adalah berita. Ada beberapa aspek yang dipertimbangkan sebelum berita diterbitkan. Pertimbangan tersebut yaitu dampak dan konsekuensi yang muncul dari pemberitaan. Hal ini karena bahasa yang terdapat di dalam sebuah berita mengandung hegemoni untuk masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk hegemoni berita mediamassa online tentang Covid-19 kepada masyarakat Banjarmasin serta ingin mengetahui bagaimana resepsi dan respon masyarakat terhadap informasi yang telah disajikan.

Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu 23 buah berita di media massa online seputar pandemi Covid-19 dan 100 orang yang berdomisili di Banjarmasin. Data penelitian yaitu respons angket dan hasil studi literatur yang berupa kata-kata atau tulisan.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi literatur dan angket. Instrumen penelitian ini yaitu pedoman angket. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validitas konstruk dengan cara mengukur butir-butir pedoman angket yang diperoleh dari uji validasi para ahli (expert judgement). Teknik analisis data ini meliputi beberapa aktivitas, yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil yang diperoleh diuji keabsahannya dengan teknik triangulasi. Pada penelitian ini, teknik triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi metode.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa berita di media massa online terdapat dua bentuk hegemoni. Bentuk hegemoni yang ditemukan, yaitu hegemoni perilaku dan hegemoni persepsi. Kemudian, bentuk-bentuk hegemoni yang ditemukan ini mempengaruhi resepsi dan respons masyarakat. Resepsi masyarakat ditunjukkan dengan penerimaannya terhadap berita di media massa online, sedangkan respons masyarakat ditunjukkan dengan perubahan perilaku dan pandangan terhadap berita terkait pandemi Covid-19. Oleh karena itu, adanya hegomi pada berita di media massa online terkait pandemi Covid-19 memberikan dampak positif dan efektif bagi kehidupan masyarakat Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI