DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN SCRAMBEL PADA MUATAN PPKN TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI
PENGARANG:JULEHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-17


Juleha. 2021.Analisis Komparatif Penerapan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Number Head Together (NHT) Dan Scrambel Pada Muatan PPKN Tema Kayanya Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar    Negeri. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas LambungMangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad MuhyaniRizalie, M.Si.

Kata kunci : Analisi Komparatif, Group Investigation, Number Head Together (NHT), Scrambel.

Peneliti mengambil penelitian analisis komparatif karena memang seyogyanya dilakukan penelitian tindakan kelas yang langsung dilakukan,karena semua sekolah dikabupaten Barito Kuala ditutup dengan pembelajaran melalui sistem daring. Hal ini sebagai dampak dari covid-19 yang masih tinggi dikabupatan Barito Kuala. Dengan demikian untuk melakukan penelitian dalam rangka membantu sekolah tersebut, maka dilakukan penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan ini dengan meneliti dua buah skripsi PTK yang memiliki permasalahan yang mirip-mirip dengan permasalahan di Kabupaten Barito Kuala. Kemudian setelah mencermati skripsi PTK diperpustakaan, penulis mendapatkan dua skripsi yang ditulis oleh  Noorjannah dan oleh Agustina Nurul Safitri. Kedua skripsi dimaksud sangat mirip permasalahan di Kabupaten Barito Kuala, kedua skripsi tadi diteliti secara mendalam dengan dianalisis secara komparatif dengan akhirnya disimpulkan dengan istilah penelitian kepustakaan. Melakukan penelitian studi kepustakaan dengan menganalisis perbandingan penerapan kombinasi model Group Investigation (GI), Model Number Heads Together (NHT) Dan Model Scramble pada lokasi yang berbeda.

Studi pendahuluan pada penelitian ini yaitu dua buah hasil penelitian oleh
Noorjannah yang berjudulMeningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan PPKN Tema 9Kayanya Negeriku Melalui Model Group Investigation Dikombinasikan
Dengan Scramble dan Numbered Head Together di Kelas IV SDN Jawa 1
Kabupaten Banjar”. Studi penelitian yangkedua yaitu hasil penenlitian dari Agustina Nurul Safitri “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Kayanya
Negeriku Muatan PPKN Materi Hak dan Kewajiban MenggunakanKombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), NumberedHead Together (NHT), dan Scramble di Kelas IV SDN Melayu 5Banjarmasin”.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam aktivitas guru,aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam penerapan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) Dan Scrambel. Metode yang digunakandalam penelitian ini yaitu deskriptif komparatif. Jenis penelitian yang digunakanyaitu studi dokumentasi yang menggunakan bahan analisis berupa skripsi PTKolehNoorjannah dan Agustina Nurul Safitri

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) Dan Scrambel dapat meningkatkanaktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kedua buah skripsi.Pada skripsi 1 aktivitas guru dan mendapatkan skor maksimal 93% pada siklus IVdengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan klasikal maksimal 100%pada siklus IV dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa mendapatkanklasikal maksimal 91% pada siklus IV dengan kriteria sangat baik. Pada skripsi 2aktivitas guru mendapatkan skor maksimal 94% pada siklus IV dengan kriteriasangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan klasikal maksimal 92% pada siklus IVdengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa mendapatkan klasikal maksimal90% pada siklus IV dengan kriteria sangat baik.

Dengan demikian berdasarkan temuan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa
aktivitas guru skripsi 2 memperoleh hasil klasikal yang lebih tinggi dibandingkan skripsi 1. Aktivitas siswa skripsi 1 memperoleh hasil klasikal yang lebih tinggi
dibandingkan skripsi 2. Hasil belajar ranah kognitif skripsi 1 memperoleh hasil klasikal yang lebih tinggi  dibanding skripsi 2. Namun pada kedua skripsi tersebut memiliki permasalahan yang mirip dan sama-sama mengalami peningkatan kearah yang lebih baik dengan menggunanakan kombinasi model pembelajaran yang sama.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI