DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJAN SEGAR SISWA KELAS 4 SDN HARIANG KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:AKHMAD RINALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


Rinaldi, Akhmad 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan IPS Materi Suku Bangsa Indonesia Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Student Team Achievment Division, Teams Games Tournament, Course Review Horay Siswa Kelas 4 SDN Hariang Kabupaten Tabalong Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Student Team Achievment Division, Teams Games Tournament, Course Review Horay

Paradigma pembelajaran abad 21 menekankan kepada kemampuan siswa untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi komunikasi dan kolaborasi. Akan tetapi permasalahan yang terjadi pada pembelajaran di Sekolah Dasar belum sesuai dengan harapan. Siswa belum mampu untuk berpikir kritis, berinteraksi dan bekerjasama dengan baik materi keberagaman budaya indonesia mengenai keberagaman suku, Bahasa dan rumah adat daerah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model Student Team Achievment Division, Teams Games Tournament, Course Review Horay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan modelStudent Team Achievment Division, Teams Games Tournament, Course Review Horay.. Subjek dari penelitian ini adalah  siswa kelas 4 SDN Hariang Kabupaten Tabalong  yang berjumlah 14 orang.

 Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Kegiatan ini berlangsung sebanyak 3 kali pertemuan, dengan hasil aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari skor 24 dengan kriteria baik menjadi 32 dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 secara klasikal meningkat dari 50,0% dengan kriteria cukup aktif menjadi 85,7% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar aspek kognitif siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 50,0% menjadi 100% (klasikal). Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 42,8% menjadi 92,8% (klasikal). Berdasarkan penelitian ini maka model Student Team Achievment Division, Teams Games Tournament, Course Review Horay.  dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Team Achievment Division, Teams Games Tournament, Course Review Horay.  dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI