DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL BERSIKAP KOOPERATIF MENGGUNAKAN MODEL BERANI PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH RANTING IV MARTAPURA
PENGARANG:FAUZANA HAMAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


Permasalahan pada kelompok B TK Aisyiah Ranting IV Martapura

2020/2021 dalam penelitian ini adalah hasil belajar anak yang rendah pada

kemampuan sabar menunggu giliran, dapat bekerjasama dengan teman, dan dapat

bermain dengan teman. Solusi untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional

bersikap kooperatif tersebut adalah dengan menggunakan model BERANI.

Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiah Ranting IV

Martapura yang berjumlah 13 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan

kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam

tiga pertemuan. Melalui pelaksanaan model BERANI pada penelitian tindakan

kelas kelompok B TK Asyiyah Ranting IV Martapura, diyakini peneliti dapat

mengatasi masalah anak tersebut karena dapat membangun interaksi, rasa saling

percaya dan kerjasama pada anak.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas

guru yakni guru mencapai kriteria baik pada pertemuan I, kriteria sangat baik

dipertemuan II dan mendapat kriteria sangat baik dipertemuan III. Pada aktivitas

anak mencapai kriteria cukup aktif dipertemuan I, kriteria aktif dipertemuan II dan

mendapat kriteria sangat aktif dipertemuan III. Pada kemampuan sosial emosional

penerapan model BERANI pada pertemuan I anak mengalami peningkatan 23%

yang berarti sebagian sebesar anak belum berkembang yang ternyata mengalami

peningkatan pada pertemuan II menjadi 54% dan kembali mengalami peningkatan

pada pertemuan III menjadi 100% yang berarti semua anak telah mengalami

perkembangan.

Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan dengan

menggunakan model BERANI maka kemampuan sosial emosional bersikap

kooperatif pada anak berhasil mengalami peningkatan. Disarankan kepada guru

agar penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian untuk meningkatkan kinerja guru

pada proses pembelajaran aspek sosial emosional bersikap kooperatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI