DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL BERSIKAP KOOPERATIF MENGGUNAKAN MODEL BERANI PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH RANTING IV MARTAPURA | |
PENGARANG | : | FAUZANA HAMAMI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-08-18 |
Permasalahan pada kelompok B TK Aisyiah Ranting IV Martapura
2020/2021 dalam penelitian ini adalah hasil belajar anak yang rendah pada
kemampuan sabar menunggu giliran, dapat bekerjasama dengan teman, dan dapat
bermain dengan teman. Solusi untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional
bersikap kooperatif tersebut adalah dengan menggunakan model BERANI.
Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiah Ranting IV
Martapura yang berjumlah 13 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan
kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam
tiga pertemuan. Melalui pelaksanaan model BERANI pada penelitian tindakan
kelas kelompok B TK Asyiyah Ranting IV Martapura, diyakini peneliti dapat
mengatasi masalah anak tersebut karena dapat membangun interaksi, rasa saling
percaya dan kerjasama pada anak.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas
guru yakni guru mencapai kriteria baik pada pertemuan I, kriteria sangat baik
dipertemuan II dan mendapat kriteria sangat baik dipertemuan III. Pada aktivitas
anak mencapai kriteria cukup aktif dipertemuan I, kriteria aktif dipertemuan II dan
mendapat kriteria sangat aktif dipertemuan III. Pada kemampuan sosial emosional
penerapan model BERANI pada pertemuan I anak mengalami peningkatan 23%
yang berarti sebagian sebesar anak belum berkembang yang ternyata mengalami
peningkatan pada pertemuan II menjadi 54% dan kembali mengalami peningkatan
pada pertemuan III menjadi 100% yang berarti semua anak telah mengalami
perkembangan.
Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan dengan
menggunakan model BERANI maka kemampuan sosial emosional bersikap
kooperatif pada anak berhasil mengalami peningkatan. Disarankan kepada guru
agar penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian untuk meningkatkan kinerja guru
pada proses pembelajaran aspek sosial emosional bersikap kooperatif.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI