DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS MASYARAKAT DI TAMAN VAN DER PIJL SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:RISKA ANITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


ABSTRAK

Riska Anita. 2021. Aktivitas Masyarakat di Taman Van Der Pijl Banjarbaru Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Akhmad Munaya Rahman, M.Pd.

 

Tempat wisatamerupakan lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar, akan tetapi pengunjung hanya menganggap tempat tersebut untuk berekreasi semata. Selain itu kurang optimalnya guru dalam memanfaatkan taman sebagai sumber belajar yang bersifat kontekstual. Satu diantara tempat wisata yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS adalah Taman Van Der Pijl.     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mendeskripsikan profil Taman Van Der Pijl, (2) bagaimana aktivitas masyarakat di Taman Van Der Pijl,dan (3) bagaimana relevansi Taman Van Der Pijl dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

 Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Sumber data berasal dari observasi di Taman Van Der Pijl, wawancara dengan pengunjung, akademisi seperti guru IPS, Dinas Pariwisata, Dinas Perumahan dan Permukiman. Dokumentasi disajikan berupa foto dan rekaman. Analisis data penelitian dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber, triangulasi teknik. Perpanjangan pengamatan dilakukan untuk mendapatkan data yang kurang lengkap.

Hasil penelitian yakni: 1) Profil tentang Taman Van Der Pijl yaitu taman kota yang dibangun awal 1970 terletak di Jl. Ahmad Yani km 34,5 Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru. Tahun 2013, dalam masa kepemimpinan Ruzaidin Noor dan Ogi Fajar Nuzuli, nama taman ini berganti menjadi Taman Van Der Pijl yang awalnya bernama Taman Idaman. Taman Van Der Pijl berfungsi sebagai tempat berinteraksi sosial, tempat bermain, hingga tempat rekreasi. 2) Bentuk aktivitas masyarakat di Taman Van Der Pijl Banjarbaru dalam memfungsikannya meliputi aktivitas sosial yaitu interaksi sosial, aktivitas manusia dan lingkungan alam, ekonomi terkait pengaruh taman terhadap perekonomian masyarakat sekitar, dan terakhir aktivitas rekreasi.3) Taman Van Der Pijl bisa dijadikan sumber belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS yaitu proses terjadinya interaksi sosial dan kegiatan ekonomi. Melalui aktivitas tersebut diharapkan peserta didik dapat memahami bahwa taman tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi tetapi juga mengajarkan kesadaran hidup bernilai sosial.

Kata Kunci: Aktivitas Masyarakat, Taman, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI