DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN AUDIO VIDEO KELAS XII DI SMK NEGERI 3 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | RIZQA HUMAIRA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-08-18 |
Proses pembelajaran teknik pengolahan audio video masih terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut membutuhkan inovasi pada proses pembelajaran dengan memanfaatkan e-learning. E-learning berbasis moodle yang telah dikembangkan ini memiliki kelompok pembelajaran yang terdiri dari text, gambar dan video pembelajaran sesuai urutan KI/KD. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pengembangan e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran teknik pengolahan audio video kelas XII. (2) Untuk mengetahui kelayakan e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran teknik pengolahan audio video kelas XII. Penelitian ini mengunakan metode R&D dengan model Allesi & Trollip. Teknik dan instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan kousioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk e-learning berbasis moodle berhasil dikembangkan dengan tahapan berikut: (1) perencanaan (planning), (2) desain (design), dan (3) pengembangan (development). Penilaian kelayakan dari ahli materi diperoleh sebesar 83,72% kategori sangat layak, dari ahli media sebesar 87,61% kategori sangat layak, dari angket respon siswa sebesar 83,92% kategori sangat layak. Penilaian tersebut di rata-rata dan diperoleh sebesar 85,08%. Sehingga disimpulkan, e-learning berbasis moodle yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI