DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM MELAKUKAN GERAKAN MANIPULATIF (MEMBUAT BENTUK) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATIONS DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU PASAYANGAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:AHYA RIZKI NUR REZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


ABSTRAK

Reza, Ahya Rizki Nur. 2021. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Dalam Melakukan Gerakan Manipulatif (Membuat Bentuk) Menggunakan Kombinasi Model Demonstrations dan Metode Pemberian Tugas di Kelompok A RA Muslimat NU Pasayangan Martapura Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

 

KataKunci:     Motorik Halus, Melakukan Gerakan Manipulatif (Membuat Bentuk), Model Demonstrations, dan Metode Pemberian Tugas

 

Permasalahan penelitian ini adalah belum berkembangnyakemampuanmotorik halus dalam melakukan gerakan manipulatif (membuat bentuk). Hal tersebut disebabkan olehanak kurang diberikan waktu untuk berlatih dalam membuat bentuk, dan guru yang terlalu banyak membantu anak saat kegiatan pembelajaran dalam membuat bentuk.Salah satu upaya meningkatkan perkembangan motorik halus yaitu  melalui kombinasi model Demonstrationsdan metode pemberian tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas anakdan hasil pengembangan motorik halusanak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan pada 3 siklus dengan membagi menjadi 2 kelompok dalam 2 hari pada tiap siklusnya. Subjek penelitian adalah anak kelompok A RA tahun pelajaran 2020/2021, jumlah anak sebanyak 18 anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan diagram dan grafik disajikan dengan indikator ketuntasan pengembangan yangditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru telah terlaksana Sangat Baik, aktivitas anak telah mencapai 94.44% dengan kriteriaHampir Seluruhnya Anak Aktif, dan hasilcapaian pengembangan motorik halus anak telah mencapai 94.44% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model Demonstrations dan metode pemberian tugaspada anak kelompok ARA Muslimat NU Pasayangan Martapura Kabupaten Banjar dalam melakukan gerakan manipulatif (membuat bentuk) mengalami perkembangan. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas anak khususnya dalam melakukan gerakan manipulatif (membuat bentuk).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI