DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER TANAMAN JAMU DALAM UPAYA MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA KEMAMPUAN
PENGARANG:NURUL ISHTHIFAIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


Nurul Ishthifaiyah, 2021. Pengembangan Buku Ilmiah Populer Tanaman Jamu dalam Upaya Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Prof. Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd dan (II) Dr. Ir. H. Badruzsaufari, M.Sc.

 

Kata Kunci: Buku Ilmiah Populer, Kemampuan Berpikir Kritis, Tanaman Jamu.

 

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki di abad 21. Realita pembelajaran yang terjadi adalah masih menerapkan pembelajaran berpusat pada guru yang menyampaikan Biologi sebagai produk dan peserta didik menghafal informasi faktual. Buku ilmiah populer dapat dikembangkan menjadi sarana alternatif untuk student centered learning sekaligus  melatihkan kemampuan berpikir kritis pesera didik. Penelitian ini mengembangkan buku ilmiah populer jenis dan pemanfaatan tanaman jamu di Kampung Pejabat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan harapan buku ilmiah populer yang dikembangkan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangkan dengan evaluasi formatif Tessmer. Prosedur penelitian meliputi evaluasi diri, validasi ahli, uji perorangan, dan uji kelompok kecil. Uji perorangan dan uji kelompok kecil dilakukan di MA Hidayatullah Martapura. Subjek penelitian terdiri atas 3 ahli untuk validasi, 3 peserta didik untuk uji perorangan, 7 peserta didik uji kepraktisan dan uji kelompok kecil.  Data dikumpulkan menggunakan  instrumen penilaian validasi ahli, instrumen keterbacaan peserta didik,dan kepraktisanmenggunakan angket respon peserta didik. Data tersebut dianalisis secara deskriptif  berdasarkan persentase skala Likert dan kriteria N-gain.

v

Hasil penelitian menunjukan buku ilmiah populer yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dengan keterbacaan sangat baik. Kepraktisan harapan buku ilmiah populer dikategorikan sangat praktis dan mendapatkan respon positif dari peserta didik. Keefektifan buku ilmiah populer dikategorikan efektif dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dikategorikan sedang. Jadi buku ilmiah populer tanaman  jamu layak digunakan dalam melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI