DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN MODEL MEANS, CREATIVE, DAN HORAY DI SEKOLAH DASAR KOTA BANJARBARU
PENGARANG:DHEA NUR SILVIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


       Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik materi pengolahan data. Hal ini dikarenakan pembelajaran tidak berpusat kepada peserta didik, kreativitas peserta didik belum berkembang, peserta didik merasa bosan dan tidak tertantang saat belajar, dan peserta didik kesulitan memahami konsep dan kurang tepat menyelesaikan masalah terkait pengolahan data. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model Means Ends Analysis kombinasi model Creative Problem Solving, dan Course Review Horay dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik pada materi pengolahan data di kelas V B SDN 1 Guntung Paikat Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas V B semester genap SDN 1 Guntung Paikat Banjarbaru tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah peserta didik 26 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik. Data kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas peserta didik dan teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 65% dalam kriteria aktif, pertemuan 2 mencapai 73% dalam kriteria aktif, dan pertemuan 3 mencapai 85% dalam kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 69%, pertemuan 2 mencapai 77%, dan pertemuan 3 mencapai 85%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan model Means Ends Analysis kombinasi Creative Problem Solving dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi pengolahan data peserta didik kelas V B SDN 1 Guntung Paikat Banjarbaru. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif pendidik untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI