DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DALAM MENEMUKAN IDE POKOK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED,READING AND COMPOSITION) DAN SCRAMBLE SISWA KELAS 4 SDN JAMBU HULU MUKA KABUPATEN HSS
PENGARANG:SAIDATUN NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


ABSTRAK

Nisa,Saidatun. 2021. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif dan Hasil Belajar Dalam Menemukan Ide Pokok Menggunakan Kombinasi Model CIRC (Cooperative,Integrated, Reading and Composition) dan Scramble  Pada Siswa Kelas IV SDN Jambu Hulu Muka Kabupaten HSS”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr.Hj. Susilawaty,M.Pd.

?Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), dan Scramble.

??Abad ke-21 adalah abad yang meminta kualitas dalam segala usaha dan hasil kerja manusia. Tuntutan-tuntutan yang serba baru tersebut meminta berbagai terobosan dalam berpikir, penyusunan konsep, dan tindakan-tindakan. Diantaranya menciptakan manusia yang mampu berpikir kritis dan membangun interaksi dengan sesamanya. Bahasa Indonesia menitikberatkan pada kemampuan individu untuk berpikir kritis dan berinteraksi. Namun pada kenyataannya pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, khususnya di SDN Jambu Hulu Muka Kabupaten HSS memiliki masalah seperti belum mampu berpikir kritis dan membangun interaksi serta kerja sama yang baik dengan sesamanya. Pembelajaran dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), dan Scramble adalah salah satu solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada keterampilan membaca intensif dalam menemukan ide pokok siswa kelas  4 di SDN Jambu Hulu Muka Kabupaten HSS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Jambu Hulu Muka Kabupaten HSS tahun ajaran 2020/2021 berjumlah siswa 12 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 21 dengan kriteria baik hingga 30 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 42% hingga 100%. Hasil belajar aspek kognitif dari 33% hingga 92%. Dengan demikian model CIRC (Cooperative,Integrated, Reading and Composition) dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca siswa, dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI