DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEBERAGAMAN DI NEGERIKU MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN SNOWBALL THROWING KELAS IV SDN PULAU TANJUNG KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:RIZMA AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


Amelia, Rizma. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Keberagaman di Negeriku Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Model Group Investigation dan Snowball Throwing Kelas IV SDN Pulau Tanjung Kabupaten Tanah Bumbu”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing: Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Group Investigation, Snowball Throwing

 

Permasalahan yang terjadi di SDN Pulau Tanjung Kabupaten Tanah Bumbu khususnya pada siswa kelas IV adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi Keberagaman di Negeriku. Permasalahan yang terjadi disebabkan kurang telibatnya siswa dalam kegiatan pembelajaran secara aktif, pembelajaran kurang menarik dan pembelajaran masih bersifat satu arah. Hal ini berdampak pada hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan hasil belajar siswa materi Keberagaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN Pulau Tanjung Kabupaten Tanah Bumbu.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV semester genap SDN Pulau Tanjung Kabupaten Tanah Bumbu tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 11 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu maupun kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 18 dan meningkat pada siklus II menjadi 20 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 60% ketuntasan klasikal dengan kriteria aktif meningkat pada siklus II menjadi 91% ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 41% meningkat pada siklus II menjadi 82% ketuntasan klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS materi Keberagaman di Negeriku dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan Snowball Throwing dari segi aktivitas guru sudah terlaksana dengan katergori sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal meningkat dengan kategori sangat aktif, dan hasil belajar siswa mengalami ketuntasan. Disarankan kepada guru agar dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Khususnya materi Keberagaman di Negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI