DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA ASPEK KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CERITA BERANTAI, TEAM GAME TOURNAMENT, DAN TALKING STICK SISWA KELAS 4 SDN PASAR JATI 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUHAMMAD NAZRI ADLANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


 

 

Adlani, Muhammad Nazri. 2021. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Keterampilan Berbicara Menggunakan Kombinasi Model Cerita Berantai, Team Game Tournament, dan Talking Stick Siswa Kelas 4 SDN Pasar Jati 1 Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen PembimbingDrs. Mahmuddin M.Pd.

 

Kata Kunci :Motivasi Belajar, Keterampilan Berbicara, Cerita Berantai, TGT, Talking Stick

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan keterampilan berbicara siswa kelas4 SDN Pasar Jati 1 Kabupaten Banjar. Permasalahan tersebut dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Minat dan motivasi siswa dalam belajar serta ketrampilan berbicaranya masih rendah. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Berantai, Team Game Tournament, dan Talking Stick dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi, dan keterampilan berbicara siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Pasar Jati 1 Kabupaten Banjar, yang berjumlah 14 orang siswa terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif  diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes secara kelompok dan individu.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 25 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 3 dengan skor 31 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 76,2% dengan kriteria “Aktif” meningkat pada pertemuan 3 menjadi 94% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 42,85% dengan kriteria “Cukup Tinggi” dan meningkat pada pertemuan 3 mencapai 100% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Hasil belajar pada aspek keterampilan berbicara siswa pada pertemuan 1 mencapai 50% dengan kriteria “Cukup Baik” meningkat pada pertemuan 3 mencapai 100% dengan kriteria “Sangat Tinggi”.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Cerita Berantai, Team Game Tournament, dan Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada aspek keterampilan berbicara. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berbicara siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI