DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL DENGAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) MELALUI PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) GURU KELAS SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ETNI YUNIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


Peran pendidik adalah membantu anak untuk memiliki sikap kepribadian, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan : (1) Mendeskripsikan  kompetensi pedagogik, profesional guru, pembelajaran higher order thingking skill (HOTS), program PKP, (2) Menganalisis hubungan antara kompetensi pedagogik dengan program PKP, (3) Kompetensi pedagogik dengan pembelajaran higher order thingking skill (HOTS), (4) Kompetensi profesional dengan program PKP, (5) Kompetensi profesional dengan pembelajaran higher order thingking skill (HOTS), (6) Program (PKP) dan pembelajaran higher order thingking skill (HOTS), (7) Hubungan tidak langsung antara kompetensi pedagogik dengan pembelajaran higher order thingking skill (HOTS) melalui Program PKP, (8) Hubungan tidak langsung antara kompetensi profesional dengan pembelajaran higher order thingking skill (HOTS) melalui program PKP.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian adalah 331 guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Banjar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 181 orang guru. Data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil program peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) yang diambil dari akun sim PKB guru inti dan pemegang akun PKB Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path nalysis) dengan bantuan SPSS Versi 23.

Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan program peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP); (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan pembelajaran higher order thingking skill (HOTS); (3) Terdapathubungan kompetensi profesional dan program peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP); (4) Terdapathubungan yang signifikan antara kompetensi profesional dengan pembelajaran higher order thingking skill  (HOTS); (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara program peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) dan pembelajaran higher order thingking skill  (HOTS); (6) Terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan pembelajaran higher order thingking skill (HOTS) melalui program peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP); (7) Terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kompetensi profesional dan pembelajaran higher order thingking skill (HOTS) melalui program peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP).

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI