DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL GUNTING TAKTIK PADA SISWA KELAS V SDN SEBERANG MESJID 5 BANJARMASIN
PENGARANG:SYARIFAH HASNA SORAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


ABSTRAK

Soraya, Syarifah Hasna. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan PPKn Menggunakan Model Gunting Taktik Pada Siswa Kelas V SDN Seberang Mesjid 5 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. M. Saleh, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas siswa, Hasil belajar, Tema 7, Gunting taktik.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang hanya bersifat satu arah dan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan model Gunting Taktik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisisaktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model tersebut

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Seberang Mesjid 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 3 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan 23-28 kriteria sangat baik dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥82% dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan indikator ketuntasan belajar individual mencapai nilai ≥70 dan secara klasikal ≥80% dari seluruh siswa yang mencapai nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 17 dengan kriteria baik dan pertemuan IV meningkat mencapai skor 27 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I mencapai skor 50% dengan kriteria cukup aktif dan pertemuan IV meningkat mencapai skor 100% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I pada aspek kognitif mencapai 40%, aspek afektif mencapai 50%, aspek psikomotorik mencapai 50% dan pertemuan IV meningkat aspek kognitif mencapai 100%, aspek afektif mencapai 100%, aspek psikomotorik mencapai 100%.

Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Gunting Taktikdapat meningkatkanaktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan penelitian ini sebagai salah satu alternativeuntuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan aktivitas belajar serta hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI