DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI, SNOWBALL THROWING DAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SDN PASAR KAMIS 2 BANJAR
PENGARANG:NORLATHIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


ABSTRAK

 

Norlathifah. 2021.Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Muatan IPS Kegiatan Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri, Snowball Throwing Dan Time Token Pada Siswa Kelas Iv Sdn Pasar Kamis 2 Banjar. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. M.Saleh, M.Pd.

 

Kata  Kunci:  Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Kegiatan Ekonomi, Inkuiri, Snowball Throwing, Time Token

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Pasar Kamis 2 Banjar yang disebabkan
pembelajaran yang masih terlalu abstrak, dan rendahnya keterlibatan siswa aktif.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa pada  mata pelajaran IPS Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku materi Kegiatan Ekonomi Seputar Produksi, Distribusi dan Konsumsi dengan kombinasi
model pembelajaran Inkuiri, Snowball Throwing dan Time Token.  

Penelitian  ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Pasar Kamis 2 Banjar dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Analisis data dilakukan secara kualitatif, yaitu pada aktivitas guru dan aktivitas siswa. Kemudian secara kuantitatif, yaitu  hasil belajar siswa.Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan crosstable, serta diinterprestasikan dengan indikator keberhasilan.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 25 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 32 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 50% kriteria “Cukup Aktif ” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% kriteria “Sangat Aktif ”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 aspek kognitif memperoleh 50%, aspek afektif memperoleh 40%, aspek psikomotorik memperoleh 40% dan meningkat pada pertemuan 4 aspek kognitif, afektif dan psikomotrik menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri, Snowball Throwing dan Time Token dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam melakukan penelitian selanjutnya khususnya materi kegiatan ekonomi seputar produksi, distribusi dan konsumsi pada siswa kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI