DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL SNOWBALL THROWING DAN MAKE A MATCH SISWA KELAS 4 SDN 4 SELAT HULU KABUPATEN KAPUAS
PENGARANG:NORLIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-18


Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa. Ini disebabkan siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa kurang memahami pembelajaran dan siswa belum mampu menyampaikan pendapat serta bekerjsama. Untuk mengatasi permasalahan dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan Make a Match. Penelitian bertujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas 4 SDN 4 Selat Hulu Kabupaten Kapuas tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 16 orang. Jenis data adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data berupa lembar obseravsi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru pertemuan 1 sampai 4  dengan skor 16 hingga 23 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 50% hingga 93,75% dengan kriteria hampir seluruh siswa aktif.  Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 43,75% hingga 93,75%.

Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan Make a Matc pada kelas 4 SDN 4 Selat Hulu Kabupaten Kapuas meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai pertimbangan dalam mengembangkan inovasi pembelajaran, kepala sekolah sebagai masukan pembinaan guru dan peneliti selanjutnya untuk bahan referensi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI