DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KPK DAN FPB MENGGUNAKAN MODEL LEARNING, GIVE, DAN MATHEMATIC DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:ABDURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-19


Abdurrahman. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Materi KPK dan FPB Menggunakan Model Learning, Give, dan Mathematic  di Sekolah Dasar Kabupaten Barito Kuala”. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, KPK dan FPB, Problem Based Learning, Missouri Mathematic Project, dan Take and Give

 

Permasalahan dalam penelitian adalah kurang hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, pemahaman peserta didik kurang terhadap materi pembelajaran, peserta didik belum mampu berpikir krtitis, peserta didik kurang dalam berkomunikasi baik  dengan pendidik maupun sesama peserta didik, dan peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga kurangnya minat peserta didik dalam belajar. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan model Learning, Give, dan Mathematic  dengan tujuanmendeskripsilan aktivitaspendidik, mendeskripsikan aktivitas peserta didik, dan menganalisis hasil belajar peserta didik pada materi KPK dan dan FPB di kelas IV SDN Anjir Pasar Kota 2.

 Pendekatanyang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Setting penelitian adalah peserta didik kelas IV semester genap SDN Anjir Pasar Kota 2 Barito Kuala  tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah sebanyak 8 orang peserta didik. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas Pendidik dan peserta didik. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 mencapai kriteria aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pertemuan 1 mencapai 62,5%, pertemuan 2 mencapai 87,5%, dan pertemuan 3 mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning, Give, dan Mathematic  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi KPK dan FPB di kelas IV SDN Anjir Pasar Kota 2. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif pendidikuntuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI