DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NONFIKSI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DAN SQ4R PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAN MUARA 2 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:RIZKY AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-19


 

Amalia, Rizky. 2021. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi Menggunakan Kombinasi Model Numbered Heads Together dan SQ4R Pada Siswa Kelas V SDN Tamban Muara 2 Kabupaten Barito Kuala. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd

 

Kata kunci: Keterampilan membaca, Teks Nonfiksi, Numbered Heads Together, SQ4R

 

        Permasalahan penelitian tindakan ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa materi menggali informasi dalam teks bacaan nonfiksi yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan. Hal ini disebabkan siswa kurangnya kemampuan siswa menemukan informasi dalam bacaan berdasarkan unsur 5W+1H, minat siswa dalam pembelajaran  memahami sumber bacaan rendah dan pembelajaran kurang inovatif. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut maka peneliti menggunakan kombinasi model NHT dan SQ4R

        Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas V SDN Tamban Muara 2 Kabupaten Barito Kuala tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 12 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 3 perempuan. Analisis data berupa data kualitatif diperoleh dari data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi belajar siswa. indikator keberhasilan adalah apabila telah memenuhi kriteria keberhasilan dan ketuntasan yang telah ditentukan.

        Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru meningkat dari siklus I mencapai skor 17 meningkat di siklus II mencapai skor 20 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 50% dengan kategori cukup aktif meningkat pada siklus II mencapai 89% dengan kategori sangat aktif. ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 45% maish di bawah KKM meningkat pada siklus II menjadi 91% dan mencapai KKM.

        Berdasarkan hasil peneltian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Numbered Head Together dan SQ4R dapat meningkatkan aktivitas guru serta siswa dan hasil belajar pada materi membaca pemahaman pada tema peristiwa dalam kehidupan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran khususnya materi membaca pemahaman tema peristiwa dalam kehidupan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI