DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MATERI PRODUKSI, DISTRIBUSI, KONSUMSI MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA KELAS IV SDN HATUNGUN 1 KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:NURJANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-19


Nurjanah 2021.Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Meteri Produksi,Distribusi,Konsumsi Menggunakan Model Student Team Achievement Division dan Course Review Horay Pada Kelas IV SDN Hatungun 1 Kabupaten Tapin.Skripsi program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Khairil Anwar,M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Meteri Produksi,Distribusi,Konsumsi, Teams Achievement Division,Course Review Horay.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Meteri Produksi,Distribusi,Konsumsi dikelas IV SDN Hatungun. Masalah ini disebabkan sulit untuk mengingat pembelajaran,siswa kurang, siswa kurang aktif dalam mengukuti pembelajaran, kurangnya minat belajar siswa. Peneliti menggunakan model pembelajaran Teams Achievement Division dan Course Review Horaymenjadi solusi untuk masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS IV SDN  Hatungun 1.

Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu: Pendekatan Kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan dikelas IV SDN Hatungun 1 pada semester genap pada tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 10 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif (aktivitas guru dan siswa) dan data kuantitatif (hasil belajar siswa). Cara pengambilan data menggunakan teknik observasi. Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria “Sangat Baik” dan  aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa berhasil apabila mencapai 81% mendapat nilai 60.

Kegiatan ini berlangsung sebanyak 4 kali pertemuan, dengan hasil aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 25 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan IV menjadi 31 dengan kriteria “Sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 55% dengan kriteria Cukup aktif, dan pertemuan IV mencapai 100% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai  60% ketuntasan, dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 100% ketuntasan.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunkan model pembelajaran Course Review Horay pada pelajaran IPS tema Daerah Tempat Tinggalku. Hasil penelitan ini dapat dijadikan sebagai referensi penggunaan model pembelajaran untuk guru, kepala sekolah dan peneltan selanjutnya pada mata pelajaran IPS tema Daerah Tempat Tinggalku.

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI