DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL KETAPEL PADA SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:RIDHA SRI RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-19


ABSTRAK

Rahayu, Ridha Sri. 2021. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan  Model KETAPEL Pada Siswa Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Raihanah Sari, M.Pd.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model KETAPEL.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, Aktivitas siswa, motivasi belajar dan hasil belajar siswa siswa pada materi pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui model KETAPEL yang merupakan kombinasi model Student Team Achievement Division (STAD), Numbered Head Together (NHT), Dan Course Review Horay (CRH).

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Hatungun 1 Kabupaten Tapin yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan table, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 21 kategori cukup baik sampai pertemuan ke IV mencapai skor 31 kategori sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal memperoleh 55%pada pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat menjadi 100% seluruhnya aktif. Pada motivasi belajar anak secara klasikal memperoleh 45% kategori rendah pada pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat menjadi 100 % kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa dari pertama hingga terakhir meningkat hingga mendapatkan keterangan Tuntas.

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model KETAPEL dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, motivasi belajar dan hasil belajar muatan IPS pada tema Kayanya Negeriku pada siswa kelas IVB SDN Hatungun 1 Kabupaten Tapin. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menggunakan model pembelajaran guna meningkatkan aktivitas pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI