DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL LAMPU PADA SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:QORY ALVINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-20


 

ABSTRAK

 

 

 

 

Alvina,Qory.2021Meningkatkanaktivitas,MotivasidanHasilBelajarMenggunakan Model LAMPU Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Program S1PendidikanGuruSekolahDasar,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan,Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing ibu RaihanahSari,M.Pd.

 

KataKunci: Aktivitas, Motivasi,HasilBelajar,ModelLAMPU.

 

Permasalahan yang terjadi di SDN Wawaran Kabupaten Hulu Sungai Selatan padasiswa kelas Vadalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajarsiswa padamateri usahaekonomi dalam kesejahteraan masyarakat. Penyebabnya pembelajaran masih bersifat satuarah,modelpembelajarantidakbervariasidankurangmenarik,sertasiswamasihkesulitan dalam memahami konsep materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebutadalah dengan menerapkan model pembelajaran LAMPU. Tujuan penelitian ini adalahuntuk menganalisis perbaikan kualitas guru, menganalisis aktivitas siswa, motivasi danpeningkatanhasilbelajarsiswa.

 

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakandengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester genapSDN Wawaran Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlahsiswa sebanyak 12 orang. Data yang diambil merupakandata kualitatif diperoleh melaluiobservasiaktivitasguru,aktivitassiswadanmotivasibelajarsiswakemudianmenggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulissecaraindividu.Analisisdatadenganteknikdeskriptifanalisisdancrosstabulasidijabarkandengantabel,grafikdaninterpretasidenganpersentase.

 

HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaaktivitasgurupadapertemuanImemperoleh skor 18 kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan IV menjadi 24 dengankriteria kriteria “Sangatbaik”. Aktivitas siswa pada pertemuan Imemperoleh 41,7%dengan kriteria “KurangAktif” ,dan pertemuan IVmencapai 100%dengan kriteria“Sangat Aktif” . Motivasi belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 83,3% dengankriteria tinggi dan sangat tinggi, dan pertemuan IV mencapai 100% dengan kriteria tinggidansangattinggi.KetuntasanklasikalhasilbelajarsiswapadapadapertemuanImencapai 33,33%, dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 100%. Dengan demikianmodel LAMPU dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi, danhasilbelajarsiswa.

 

BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelLAMPU dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi dan hasilbelajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah , guru dan peneliti lain adalah agarpenelitian ini dapat dijadikan referensi dalam menggunakan model pembelajaran yangdapatmeningkatkanaktivitas,motivasidanhasilbelajarsiswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI