DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN SNOWBALL THROWING PADA MUATAN PKN TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI
PENGARANG:NOR HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-20


 

 

ABSTRAK

 

Hidayah, Nor. 2020. “Analisis komparatif Penerapan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Snowball ThrowingPada Muatan PKn Tema 9 Kayanya Negeriku Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri.” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas  Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si

 

 

Kata Kunci : Analisis Komparatif, Group Investigation, Numbered Heads Together, Snowball Throwing                     

 

         Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa, siswa kurang berpartisipasi atau kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurang bekerja sama, dan pembelajaran satu arah, sehingga membuat siswa cepat bosan, dan rendahnya hasil belajar. Segogyanya dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Namun hal tersebut tidak dapat dilaksanakan, karena dampak dari Covid-19 yang masih tinggi. Dalam rangka membantu sekolah, maka dilakukan penelitian kepustakaan. Studi pendahuluan pada penelitian ini yaitu dua buah hasil penelitian dari Siti Salma dan Nadiya Auliyana. Yang mana hasil penelitian dari kedua skripsi ini berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menerapkan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Snowball Throwing.                Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara mendalam aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menerapkan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Snowball Throwingpada dua buah hasil PTK yaitu oleh Siti Salma (2019) dan Nadiya Auliyana(2019). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan. Penelitian ini dengan rancangan multi situs,  dalam menganalisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis data individual dan analisis data lintas individual. Analisis komparatif data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

         Melalui penelitian ini diperoleh hasil skor dari aktivitas guru,  aktivitas siswa, dan hasil belajar. Pada skripsi 1 oleh Siti Salma aktivitas guru mendapatkan skor maksimal yaitu 30 atau persentase ketercapaian 93 dengan sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan persentase klasikal 90,1 % dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar ranah kognitif 91%, afektif 90%, dan psikomotorik 93%. Pada skripsi 2 oleh Nadiya Auliyana aktivitas guru mendapatkan skor 35 atau dengan persentase ketercapaian 97,2% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan persentase ketercapain klasikal 95,2% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar ranah kognitif 95,2%, afektif 90,5%.
           Dengan demikian berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan  bahwa aktivitas guru skripsi 2 lebih tinggi dari skripsi 1. Aktivitas siswa skripsi 2 lebih aktif dari skripsi 1. Hasil belajar skripsi 2 lebih tinggi dari skripsi 1. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI