DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC, REPETITON, GAME TOURNAMENT DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:AFRIDA MEDIYANTI PUTERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-20


Permasalahan penelitian ini ialah peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika yang dipelajari, peserta didik juga belum mampu berpikir kritis dalam memecahkan masalah, dan masih kurangnya keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga membua kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan dengan menggunakan model Realistic Repetiton Game Tournament atau model Realistic Mathematics Education yang dikombinasikan dengan Auditory Intellectual Repetiton dan Team Game Tournamentdengan tujuan untuk mengetahui aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar di kelas IV SDN Sungai Tabuk Kabupaten Balangan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat pertemuan. Setting penelitian dilakukan di SDN Sungai Tabuk Kabupaten Balangan pada peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 12 orang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan pada pelajaran matematika materi bangun datar. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil  penelitian menujukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Baik”, pertemuan 2 kriteria “Baik”, pertemuan 3 kriteria “Sangat Baik” dan pertemuan 4 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pertemuan 1 memperoleh kriteria “Sebagian Kecil Aktif”, pertemuan 2 kriteria “Sebagian Besar Aktif”, pertemuan 3 kriteria “Sebagian Besar Aktif” dan pertemuan 4 kriteria “Hampir Seluruhnya Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 50,00%, pertemuan 2 mencapai 66,67%, pertemuan 3 mencapai 75,00% dan pertemuan 4 mencapai 91,67%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Realistic Mathematics Education yang dikombinasikan dengan Auditory Intellectual Repetiton dan Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun datar di kelas IV SDN Sungai Tabuk Kabupaten Balangan. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI