DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TENTANG KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN WORD SQUARE SISWA KELAS 5 SDN PUNTIK TENGAH KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:RINA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-20


ABSTRAK

 

Wati, Rina. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Tentang Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Menggunakan Kombinasi Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Word Square Siswa Kelas 5 SDN Puntik Tengah Kabupaten Barito Kuala”. Pembimbing : Drs. Khairil Anwar, M.Pd.

 

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, ModelStudent Teams Achievement Division (STAD), Model Word Square, Keragaman Sosial Budaya Masyarakat.

 

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa muatan PPKn tentang keberagaman sosial budaya masyarakat. Haltersebut disebabkan Pembelajaran masih bersifat satu arah, pembelajaran kurang bervariasi, dan kurangnya perhatian dan motivasi dari guru. Solusi dalam mengatasi masalah di atas dengan menerapkan kombinasi model Student Team Achievement Division (STAD) dan Word Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn materi keragaman sosial dan budaya siswa kelas 5 SDN Puntik Tengah Kabupaten Barito Kuala.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang  dilaksanakan dalam 2 siklus. Setting penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Puntik Tengah Kabupaten Barito Kuala semester 2 tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 19 orang terdiri atas 11 laki-laki dan 8 perempuan. Jenis data penelitian terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif didapatkan dari hasil belajar siswa dengan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif data kualitatif dan data kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas guru dilaksanakan dengan sangat baik. Aktivitas guru pada siklus I mendapat skor 28 dengan kategori sangat baik dan pada siklus II mendapat skor 31 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa secara klasikal sangat aktif. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 68,42% dengan kategori aktif dan meningkat pada siklus II menjadi 89,47% dengan kategori sangat aktif. (3) Hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hasil belajar secara klasikal meningkat dari 73,68% menjadi 89,47%.

Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model Student Team Achievement Division (STAD) dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI