DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH OVERVALUE HARGA SAHAM PADA KUARTAL PERTAMA 2018 TERHADAP PENURUNAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN PADA KUARTAL PERTAMA 2020 (Studi Empiris pada “50 Biggest Market Capitalization Stocks” yang terdapat di Indeks Harga Saham Gabungan tahun 2018-2020)
PENGARANG:ANTHONY VALERIUS KEVIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-20


ABSTRAKSI

Anthony Valerius Kevin, (2021). Analisis Pengaruh Overvalue Harga Saham pada Kuartal Pertama 2018 terhadap Penurunan Indeks Harga Saham Gabungan pada Kuartal Pertama 2020. (Studi Empiris pada “50 Biggest Market Capitalization Stocks” yang terdapat di Indeks Harga Saham Gabungan tahun 2018-2020). Pembimbing: Doktor Monica Rahardian Ary Helmina, SE, M.Si

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan pada 38 tahun terakhir ini mencapai titik tertingginya pada kuartal pertama tahun 2018 di level 6.689,287 dan titik terendahnya pada kuartal pertama tahun 2020 di level 4.538 dimana 50 Biggest Market Capitalization Stocks berkontribusi lebih dari 70% pada penggerakkan IHSG selama periode tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh apa pengaruh rasio-rasio keuangan terhadap pergerakan 50 Biggest Market Capitalization Stocks pada kuartal pertama tahun 2018 saat IHSG meraih rekor  tertingginya hingga kuartal pertama 2020 saat IHSG mencapai titik terendahnya dalam 6 tahun terakhir.

            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data-data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan metode estimasi Ordinary Least Squares (OLS) dan menggunakan model regresi semi-log.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Price to Book Value Ratio (PBV) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pergerakan 50 Biggest Market Capitalization Stocks dari kuartal pertama tahun 2018 hingga kuartal pertama tahun 2020 sedangkan Price to Earning Ratio (PER), Debt to Equity Ratio (DER), Net to Profit Margin (NPM), dan Return on Assets Ratio (ROA) berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah pergerakan harga saham-saham dengan kapitalisasi besar dipengaruhi oleh jumlah hutang dan asset yang dimiliki oleh perusahaannya masing-masing.

 

Kata kunci:     Indeks Harga Saham Gabungan, Return on Assets, Price to Book Value Ratio (PBV), Debt to Equity Ratio (DER), Price to Earning Ratio (PER), Net Profit Margin (NPM), Return on Assets Ratio (ROA), Analisis Rasio Keuangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI