DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DILENGKAPI DENGAN MODEL MAKE A MATCH / SCRAMBLE PADA MUATAN IPS TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI
PENGARANG:DINIDA CAMILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-20


 

ABSTRAK

 

Dinida Camila. 2021. Analisis Komparatif Penerapan Kombinasi Model Group Investigation (GI) dan Numbered Heads Together (NHT)  dilengkapi dengan Model Make A Match / Scramblepada Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri. Skripsi program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing  Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si

 

 

 

Kata Kunci: Analisis Komparatif , Group Investigation,  Numbered Heads Together,  Model Make A Match,  Scramble.

 

 

 

 Permasalahan dalam  penelitian  ini adalah  kurang merangsang siswa untuk terlibat secara aktif sehingga siswa kurang percaya diri, bahkan cenderung pasif tidak mau bekerjasama dan tidak mau mengemukakan pendapatnya, bermain sendiri dan berbicara dengan temannya selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam rangka membantu memecahkan permasalahan  sekolah-sekolah tersebut, maka dilakukan Penelitian Kepustakaan. Penelitian kepustakaan ini dengan meneliti dua buah skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki permasalahan yang mirip-mirip dengan permasalahan tersebut. Kemudian setelah mencermati skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diperpustakaan, peneliti mendapatkan dua buah skripsi yang ditulis oleh Siti Hadijah  dan Muhammad Fitri. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan menganalisis perbandingan penerapan kombinasi model Group Investigation (GI) dan Numbered  Heads Together (NHT) dilengkapi dengan model Make A Match / Scramble pada lokasi dan pembelajaran yang berbeda.

 

 

 

Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis secara mendalam efektifitas penerapan  model, aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar, persamaan dan perbedaan aktivitas guru, persamaan dan perbedaan aktivitas siswa, persamaan dan perbedaan hasil belajar, serta kelebihan dan kekurangan dalam penerapan kombinasi model Group investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dilengkapi dengan model Make A match / Sramble dua buah hasil PTK yaitu oleh Siti Hadijah dan Muhammdan Fitri . Penelitian ini menggunakaan jenis penelitian studi kepustakaan. Penelitian ini dengan rancangan multi situs, dalam menganalisis data dengan dua tahap yaitu analisis data individual dan analisis data lintas individual. Analisis data dilakukan dengan  beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

 

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dilengkapi model  Make A Match / Scramble .dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswapadakeduabuahskripsi.Padaskripsi1aktivitasgurudanmendapatkan skormaksimal42 padasiklusIVdengankriteriasangatbaik.Aktivitassiswa mendapatkan klasikal maksimal 92% pada siklus IV dengan kriteria sangat aktif.Hasilbelajarsiswamendapatkanklasikalmaksimal 92 %padasiklusIV dengan kriteria sangat baik. Pada skripsi 2 aktivitas guru mendapatkan skor maksimal 31 pada siklus IV dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan klasikal maksimal 92% pada siklus IV dengan kriteria sangat baik.Hasilbelajarsiswamendapatkanklasikalmaksimal100 %padasiklusIV dengan kriteria sangatbaik.

 

Berdasarkan temuan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa aktivitas guru skripsi pertama lebih tinggi dibandingkan skripsi kedua. Aktivitas siswa skripsi pertama lebih aktif  dibandingkan skripsi kedua. Hasil belajar siswa skripsi kedua lebih tinggi dibandingkan skripsi pertama.  

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI