DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY EXAMPLES GAMES TOURNAMENT PADA SEKOLAH DASAR KOTA BANJARBARU | |
PENGARANG | : | AKHMAD RIYAN EFENDI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-08-21 |
ABSTRAK
Efendi, Akhmad Riyan. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun DatarMenggunakan Model Pembelajaran Discovery Examples Games Tournemets. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil belajar, Bangun Datar,Discovery Learning, Examples Non Examples, Teams Games Tournament
Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik sulit memahami konsep materi, kurang mampu berpikir kritis, tidak aktif dan kurang antusias dalam proses pembelajaran yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang abstrak dan berpusat kepada pendidik, penyampaian materi pembelajaran tidak didukung dengan media pembelajaran yang konkret, tidak menuntut peserta didik berpikir kritis, dan pembelajaran tidak diselingi dengan kegiatan menyenangkan. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didikdalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dikombinasikan dengan Examples Non Examples dan Teams Games Tournament. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aktivitas pendidik, menganalisisaktivitas peserta didik, dan menganalisis hasil belajar peserta didik.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah pesera didik kelas IV SDN 1 Palam Banjarbaru tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 19 orang yang terdiri dari 8 orang peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Data yang digunakan berbentuk kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui hasil observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didikserta hasil belajar yang dilakukan dengan tes tertulis. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah peserta didik dapat mencapai nilai ≥70 untuk ketuntasan individu dan dapat mencapai 80% peserta didik secara ketuntasan klasikal, serta aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat Aktif”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Baik”, pertemuan 2 kriteria “Baik”, pertemuan 3 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didikpertemuan 1 memperoleh kriteria “Aktif”, pertemuan 2 kriteria “Aktif”, dan pertemuan 3 kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 53%, pertemuan 2 mencapai 79%, dan pertemuan 3 mencapai 84%.
?Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dikombinasikan dengan Examples Non Examples dan Games Tournament pada siswa kelas IV SDN 1 Palam Banjarbaru aktivitas pendidik dapat terlaksana dengan baik, aktivitas peserta didik meningkat, dan hasil belajar peserta didik meningkat.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI