DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN BANUA HANYAR 2 KECAMATAN SUNGAI TABUKAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:RAHMATINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-22


Rahmatina.2021. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Menggunakan  Kombinasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN Banua Hanyar 2 Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H.Khairil Anwar , M.Pd.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan, Think Pair Share (TPS),Talking Stick

 

Permasalahan siswa pada pada pembelajaran IPS materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan di Kelas V Banua Hanyar 2 Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara, disebabkan  rendahnya hasil belajar siswa, dimana siswa masih kurang berpartisipasi, dan cenderung pasif. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih bersifat satu, sehingga hasil belajar siswa yang masih rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan solusi menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Banua Hanyar 2 Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interprestasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I dengan kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I dengan kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 73,3%, pertemuan II mencapai 80% dan pertemuan III mencapai 100%.

 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Think Pair Share (TPS),dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat dijadikan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI