DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM MENYAJIKAN RINGAKSAN TEKS DARI MEDIA CETAK ATAU ELEKTRONIK MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT, AIR, DAN NHT UNTUK SISWA KELAS 5 SDN TATAH PEMANGKIH LAUT 1 KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:GHEFIRA NUR FATHIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-23


ABSTRACT

 

Fatimah, Ghefira Nur. 2021. Improve Skills in Presenting Text Summaries from Print or Electronic Media using Cooperative Script, AIR and NHT Models for Grade 5 Students at SDN Tatah Pemangkih Laut 1 Kertak Hanyar District, Banjar Regency. Elementary School Teacher Education Program Thesis. Faculty of Teacher Training and Education. Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Supervisor Drs. Mahmuddin, M.Pd.

 

Keywords: Learning Outcomes, Summary Presenting Skills, Cooperative Script, AIR and NHT.

 

The problem in this study is that students have difficulty in presenting written summaries of print or electronic media as seen from student learning outcomes on the material. An alternative solution to the problem is to use a learning model in classroom learning activities, namely a combination of Cooperative Script, AIR and NHT learning models.

The purpose of this research is to increase students' participation and ability to present summaries in learning that will have an impact on improving student learning outcomes, andcarried out with 2 cycles each cycle 2 meetings. The subjects of the research were the 5th grade students of SDN Tatah Pemangkih Laut 1, Kertak Hanyar District, totaling 19 students. The types of data in this study are qualitative and quantitative data, through observation of teacher and student activity skills. Quantitative data is obtained through measurement techniques with individual written tests. Data analysis was carried out using qualitative descriptive techniques described by tables and graphs and interpretation by percentages.

The results of this study indicate that the teacher's activities in the first cycle of meetings 1 and 2 achieved good criteria, in the second cycle of meetings 1 and 2 achieved very good criteria. Student activity in cycle I meeting 1 was quite active, cycle I meeting 2 was active, cycle II meeting 1 and cycle II meeting 2 were very active. The classical mastery of student learning outcomes in Cycle 1 of meeting I was quite good and cycle II of meeting 2 was very good, the skills of presenting a summary in cycle I of meeting 1 were good, and cycle II of meeting 2 was very good.

Student learning outcomes in cognitive, affective and psychomotor aspects from cycle 1 meeting 1 to cycle II meeting 2 also increased. From the overall data it can be concluded that the learning activitiesby using a combination of cooperative Script, AIR and NHT learning models, it can increase teacher activity, student activity and student learning outcomes in presenting written summaries of print and electronic media.

 

ABSTRAK

 

Fathimah, Ghefira Nur. 2021. Meningkatkan Keterampilan dalam Menyajikan Ringkasan Teks dari Media Cetak atau Elektronik menggunakan Model Cooperative Script, AIR dan NHT untuk Siswa Kelas 5 SDN Tatah Pemangkih Laut 1 Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Menyajikan Ringkasan, Cooperative Script, AIR dan NHT.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam  menyajikan ringkasan secara tertulis dari media cetak atau elektonik yang terlihat dari hasil belajar siswa pada materi tersebut. Alternatif pemecahan masalahnya adalah menggunakan model pembelajaran pada kegiatan pembelajaran dikelas yaitu kombinasi model pembelajaran Cooperative Script, AIR dan NHT.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan kemampuan siswa menyajikan ringkasan dalam pembelajaran yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, dilaksanakan dengan 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Tatah Pemangkih Laut 1 Kecamatan Kertak Hanyar yang berjumlah 19 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi keterampilan  aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabel dan grafik dan interprestasi dengan presentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I  pertemuan 1 dan 2 mencapai kriteria baik, pada  siklus II pertemuan 1 dan 2 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1cukup aktif, siklus I pertemuan 2 aktif , siklus II pertemuan 1 dan siklus II pertemuan 2 memperoleh sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Siklus 1 pertemuan I mencapai cukup baikdan siklus II petemuan 2 mencapai sangat baik, Keterampilan menyajikan ringkasan pada siklus I pertemuan 1 memperoleh baik, dan siklus II pertemuan 2 memperoleh sangat baik.

Hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor dari siklus1 pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 2 juga mengalami peningkatan. Dari keseluruhan data dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Cooperative Script, AIR dan NHT maka dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam menyajikan ringkasan secara tertulis dari media cetak dan elektronik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI