DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POSING, SHARE, THROWING DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:NOR AMELIA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-23


Permasalahan yang ditemui peneliti khususnya pada pelajaran Matematika yaitu kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran, peserta didik belum mampu berpikir krtitis, peserta didik kurang dalam berkomunikasi baik dengan pendidik maupun sesama peserta didik, dan peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga kurangnya minat peserta didik dalam belajar. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Posing, Share, dan Throwing dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik dan menganalisis aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar di kelas IV SDN Wirang Kabupaten Tabalong.

Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Wirang tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa sebanyak 10 siswa. Data yang digunakan berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif data yang diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Data kualitatif adalah data yang diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu, yaitu berupa nilai-nilai dari hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari hasil belajar peserta didik. Adapun indicator keberhasilan penelitian ini adalah peserta didik dapat mencapai nilai ≥65 untuk ketuntasan individu dan dapat mencapai 80% peserta didik secara klasikal, serta aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Aktif”.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada Pertemuan I mencapai kriteria baik, Pertemuan II mencapai kriteria Baik, Pertemuan III mencapai kriteria Sangat Baik, dan Pertemuan IV mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas peserta didik pada Pertemuan I mencapai kriteria sebagian kecil aktif, Pertemuan II mencapai kriteria sebagian besar aktif, Pertemuan III mencapai kriteria sebagian besar aktif, dan pada Pertemuan IV mencapai kriteria sebagian besar sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada Pertemuan I mencapai 30%, Pertemuan II mencapai 70%, Pertemuan III mencapai 80%, dan Pertemuan IV mencapai 90%.

Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Posing, Share, dan Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik materi bangun datar di kelas IV SDN Wirang Kabupaten Tabalong . Saran yang dikemukakan peneliti yaitu diharapkan bermanfaat sebagai acuan dalam penyusunan strategi pembelajaran melalui model-model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI