DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PEMBULATAN BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAUMAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ABDA RAHMANIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-23


Rahmaniah, Abda. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pembulatan Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction dan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN Pekauman 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembulatan Bilangan, Explicit Instruction Problem Based Learning.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khusnya materi pembulatan bilangan, hal ini disebabkan karena siswa masih belum paham mengenai konsep dasar pembulatan bilangan, belum mampu berpikir kreatif dalam memecahkan masalah, dan belum mampu menunjukkan keaktifan saat pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Explicit Instruction dan Problem Based Learning dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis aktiviras siswa dan hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pekauman 1 Banjarmasin yang terdiri dari 6 orang siswa yang terdiri dari 1 prang siswa perempuan dan 5 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa telah mencapai indikator keberhasilan klasikal dengan kriteria “Sangat Aktif”, dan hasil belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan dengan ketuntasan individu mendapatkan nilai ≥65 dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80% dari seluruh siswa mendapat nilai ≥65.

            Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan dapat dikemukakan saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain yaitu dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Explicit Instruction dan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan kualitas proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI