DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GI, RP DAN SQ3R UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:INDAH PERMATA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-23


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas belajar siswa Kelas V SDN Hatungun 1 Tapin terhadap muatan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui mutu aktivitas guru, melonjakan aktivitas siswa dan melonjakkan hasil belajar. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan deskriptif kualitatif dan juga menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa pertemuan sebanyak empat kali. Subyek penelitian merupakan kelas V SDN Hatungun 1 Tapin tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 17 orang. Pemberlakuan data kualitatif data kuantitatif, data kualitatif didapatkan dari observasi aktivitas guru, aktivitas siswa serta data kuantitatif  hasil belajar berupa tes tertulis dan lisan  dalam proses pembelajaran menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Role Playing (RP) dan Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R). Analisis data didapatkan dari skala persentase serta indikator ketuntasan baik secara klasika yang telah ditentukan. Hasil penelitian menafsirkan bahwa kombinasi model Group Investigation (GI), Role Playing (RP) dan Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) mampu untuk memperbaiki aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar. Maka bisa diambil kesimpulan bahwasanya aktivitas serta hasil belajar muatan Bahasa Indonesia materi Teks Narasi Sejarah kombinasi model Group Investigation (GI), Role Playing (RP) dan Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) pada kelas V SDN Hatungun 1 Tapin meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI