DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK MEMBACA INTENSIF DALAM MENEMUKAN KALIMAT UTAMA SUATU PARAGRAF MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION, NUMBER HEAD TOGETHER, DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS 4C SDN 2 MANUNGGAL KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:SITI NURWAHIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-23


 

ABSTRAK

 

 

 

Nurwahidah, Siti, 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Membaca Intensif dalam Menemukan Kalimat Utama Suatu Paragraf Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated and Composition, Number Head Together, dan Scramble Pada Siswa Kelas 4C SDN 2 Manunggal Kabupaten Tanah Bumbu” Skripsi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.

 

 

Kata Kunci : Membaca Intensif, Kalimat utama, Cooperative Integrated and Composition, Numbered Heads Together, Scramble

 

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang belum efektif dalam menemukan kalimat utama pada suatu paragraf melalui membaca intensif karena kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa dalam menentukan kalimat utama dan pembelajaran masih bersifat satu arah. Hal ini berakibat hasil belajar rendah atau belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu ≥67. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta menganalisis hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model Cooperative Integrated and Composition, Number Head Together dan Scramble.

 

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dilaksanakan 2 siklus dengan langkah-langkah yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Adapun setting penelitian adalah siswa kelas 4C tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengambilan data dan menggunakan cara observasi guru serta siswa dan hasil tes belajar siswa, indikator keberhasilan guru jika telah mencapai skor ≥32 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas siswa dikatakan berhasil jika mencapai ≥82% dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil belajar individu siswa dianggap tuntas jika mencapai KKM ≥67, secara klasikal dikatakan tuntas jika kelas tersebut mencapai 80% ketuntasan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru siklus I mendapat skor 23 kategori baik, dan siklus II meningkat menjadi 30 kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa segi individual maupun klasikal siklus I kategori cukup aktif yaitu 45,25% pada siklus II menjadi sangat aktif 92,18%. (3) pada siklus I nilai ketuntasan klasikal sebesar 43,75% meningkat pada siklus II menjadi 100%.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada materi menemukan kalimat utama suatu paragraf melalui kombinasi model Cooperative Integrated and Composition, Numbered Heads Together dan Scramble di kelas 4C SDN 2 Manunggal Kabupaten Tanah Bumbu  meningkat. Disarankan kepada guru hendaknya dapat menjadikan model ini sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar khususnya materi menemukam kalimat utama suatu paragraf.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI