DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Dilema Mobilitas Kerja dan Tinggal Di Rumah Terhadap Laju Penyebaran Kasus Covid -19 di Indonesia
PENGARANG:INTAN AZQIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-23


Peneltian ini dilakukan untuk mengetahui lajunya penyebaran Covid-19 yang menjadi dilema terbesar dirasakan oleh penduduk, terlebih pada mobilitas kerja, dan tinggal di rumah. Dalam situasi seperti ini sangat berpengaruh terhadap majunya perekonomian penduduk.

 

Berdasarkan kenyataan yang demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertumbuhan Ekonomi, PDRB Perkapita, Populasi, Mobilitas Kerja, Mobilitas Rumah, Mobilitas Hotel terhadap laju penyebaran kasus Covid-19 pada 34 Provinsi di Indonesia.

 

Jenis Penelitian ini berupa penelitian Kuantitatif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari Triwulan I 2020 – Triwulan I 2021  yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Nasional, Data Covid-19 nasional dan provinsi dari kawalcovid-19 dan Data Mobilitas Penduduk dari laporan Mobilitas Masyarakat selama pandemi Covid-19. Metode Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan pengujian asumsi klasik. 

 

Hasil penelitian dalam model regresi 1 ini menunjukkan bahwa Variabel Pertumbuhan Ekonomi, Populasi, Mobilitas Kerja, Mobilitas Rumah berpengaruh positif dan signifikan terhadap lajunya Penyebaran Kasus Covid-19. Sedangkan Variabel yang tidak signifikan PDRB Perkapita, Mobilitas Hotel. Faktor yang paling dominan mempengaruh lajunya Penyebaran Kasus Covid-19 di 34 provinsi di Indonesia pada penelitian ini adalah Pertumbuhan Ekonomi.

 

Hasil penelitian dalam model regresi 2 ini menunjukkan bahwa Variabel Pertumbuhan Ekonomi, PDRB Perkapita, Populasi, Mobilitas Rumah, Mobilitas Hotel,berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap lajunya Penyebaran Insidensi Covid-19. Faktor yang paling dominan mempengaruh lajunya Penyebaran Insidensi Covid-19 di 34 provinsi di Indonesia pada penelitian ini adalah Mobilitas Kerja.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI