DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL AMPLANG DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:SEPTIA NURVITASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-23


Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut dikarenakan masih rendahnya aktivitas siswa, pembelajaran yang masih bersifat satu arah, kurangnya motivasi siswa dan pembelajaran yang masih monoton. Solusi dalam mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Example Non Example dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa serta menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin yang berjumlah 15 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarakan dengan table, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 23 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan IV dengan skor 31 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 40,00% dengan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan IV menjadi 93,33% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I mencapai 33,33% dengan kriteria “Termotivasi” dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 93,33% dengan kriteria “Sangat Termotivasi”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 60,00% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 93,33%.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Example Non Example dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI