DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PKN TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), SCRAMBLE, DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN TELUK MESJID 1 AMUNTAI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:SRI LAILA MUNAJAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-23


Laila Munajah, Sri. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PKn Tema Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Scramble dan Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SDN Teluk Mesjid 1 Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Amberansyah, S.Pd,. M.Pd. 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, PKn, Group Investigation, Scramble, Numbered Head Together.

Permasalahan pada penelitian ini ialah beberapa siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi pembelajaran, pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa, dan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar anak yang belum akan maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Salah satu upaya untuk mengatasinya yaitu menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Scramble dan Numbered Head Together (NHT). Tujuannya untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan PKn di kelas V SDN Teluk Mesjid 1 Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Teluk Mesjid  1 Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 9 orang siswa dengan 4 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengambilan data dengan menggunakan pengolahan data kualitatif yaitu dengan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, data kuantitatif diperoleh dari hasl belajar siswa melalui tes tertulis secara individu maupun klasi

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada akhir siklus 4 mencapai kriteria sangat baik dengan perolehan skor 31. Aktivitas siswa pada akhir siklus 4 mencapai kriteria sangat aktif dengan persentase 88,89%. Begitu pula pada ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yang meningkat pada siklus 4 secara klasikal memperoleh persentase 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disiumpulkan bahwa model Group Investigation (GI), Scramble, dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dengan demikian, diharapkan guru dapat menjadikan hasilpenelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran yang akan datang untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI