DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN TEMA 8 MENGGUNAKAN MODEL SI PALUI KELAS V SDN RANTAU BUJUR ARANIO KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MIRA SEPTIANA EFFENDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-23


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa , aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Hal ini didapatkan dari hasil observasi dan wawancara kepada wali kelas V SDN Rantau Bujur Aranio didapatkan data hasil belajar siswa yang memenuhi ketuntasan minimal hanya 32% sedangkan 68% nya masih berada jauh di bawah kriteria ketuntasan minimal. Penyebab rendahnya motivasi siswa , aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa kurang berfikir kritis, kurang aktif, kurang percaya diri, kurang motivasi, kurang interaksi dan komunikasi antar siswa. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu melalui model pembelajaran SI PALUI. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas guru, motivasi siswa, aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan yang mencakup empat tahap PTK.  Subjek penelitiannya siswa kelas V SDN Rantau Bujur Aranio Kabupaten Banjar. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualiatatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui angket motivasi siswa dan tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivits guru aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari kriteria baik menjadi kriteria sangat baik. Motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 3 secara klasikal meningkat dari kriteria cukup tinggi  menjadi kriteria sangat tinggi. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 secara klasikal meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi kriteria sangat aktif. Hasil belajar aspek kognitif siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 36% menjadi 91% (klasikal). Hasil belajar aspek afektif siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 45% menjadi 95% (klasikal). Hasil belajar aspek psikomotorik siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 45% menjadi 95% (klasikal).

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model SI PALUI dapat  meningkatkan aktivitas siswa, motivasi siswa dan hasil belajar siswa muatan PPKn Tema 8  di kelas V SDN Rantau Bujur Aranio Kabupaten Banjar.   Berdasarkan temuan yang telah disimpulkan diatas terdapat beberapa saran yang perlu dipertimbangkan bagi guru yaitu sebagai bahan masukan dan pertimbangan guru, bagi kepala sekolah sebagai alternatif pembinaan guru, dan bagi peneliti selanjutnya sebagai  referensi atau bahan informasi ilmiah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI