DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN MOTIVASI, KEMANDIRIAN DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BARAMIAN | |
PENGARANG | : | WAHYU KURNIAWAN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-08-23 |
Hal yang melatar belakangi penelitian ini karena menurunnya motivasi belajar siswa di masa pandemik dan siswa belum mampu menggali informasi secara mandiri yang mengakibatkan siswa kesulitan memecahkan masalah matematika. Penelitian ini akan mendeskripsikan aktivitas Guru, menganalisis peningkatkan Aktivitas, Motivasi, Kemandirian, Keterampilan Memecahkan Masalah dan hasil belajar siswa pada pembahasan materi Volume Balok dan Kubus Melalui model pembelajaran BARAMIAN. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, metode penelitian yang dipilih adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam 4 kali pertemuan. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitaitf . Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik dengan persentase keterlaksanaan langkah 100%. Aktivitas siswa yang memperoleh kriteria sangat aktifmeningkat dari persentase 16,6% menjadi 83,3%. Motivasi siswa dengan kategori Sangat Tinggi meningkat dari persentase 41,6% menjadi 100%.Kemandirian belajar siswa dengan kategori Sangat Tinggi meningkat dari persentase 25% menjadi 100%. Keterampilan memecahkan masalah siswa dengan kategori Sangat Tinggi dari persentase 16,6% menjadi 91,6%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari persentase 16,6% menjadi 91,6%. Secara keseluruhan berdasarkan variabel yang dianalisis meningkat secara signifikan
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI