DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN PPKn MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MIND MAPPING DI KELAS IV SDN PEMATANG BENTENG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:RINA HELMINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-23


ABSTRAK

Helmina, Rina 2021.Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tentang Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPKn Menggunakan Model Pembelajaran PBL Di Kelas IV SDN Pematang Benteng Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Khairil Anwar, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Daerah Tempat Tinggalku, dan Problem Based Learning (PBL).

Permasalahan dalam penelitian ini adalah karena siswa belum terlatih dalam menggali informasi, siswa kurang memahami langkah-langkah pemecahan masalah tersedia dan juga kebanyakan siswa belum bisa menyusun kerangka berpikir dari pemecahan masalah sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa kelas IV SDN Pematang Benteng pada pelajaran PPKn. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas siswa yaitu melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Mind Mapping pada penelitian tindakan kelas di SDN Pematang Benteng kabupaten Hulu Sungai Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Pematang Benteng kabupaten Hulu Sungai Utara tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa sebanyak 12 siswa terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik dan pertemuan III mencapai sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif dan pertemuan III mencapai kritria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I kognitif 91,66%, afektif 58,33% psikomotorik 41,66%, pertemuan II kognitif 100%, afektif 83,33% psikomotorik 75%, pertemuan III kognitif 100%, afektif 100% psikomotorik 100%.

Dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SDN Pematang Benteng kabupaten Hulu Sungai Utara dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI