DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL CASTEL MANUAL
PENGARANG:SITI LUTFIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-24


Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa masih kurang mampu untuk berpikir secara kritis, rasional dan kreatif. Kurang mampu memaham imateri dan menuangkan kembali dalam tulisan, kurang mampu berpartisipasi dalam segala bidang kegiatan, pasif dan tidak bertanggung jawab dalam berkelompok karena kondisi dilapangan menunjukkan bahwa pembelajaran yang berlangsung masih bersifat konvensional atau satu arah, Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 9 dalam muatan PPKn menggunakan model Castel Manualpada siswa kelas IV SDN Marampiau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan dua siklus ditiap siklus dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Marampiau dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif didapat melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase serta indikator keberhasilan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 mencapai kriteria cukup aktif, dan pada pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Aktivitas guru pertemuan 1 dan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat baik Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Pertemuan 1 pada aspek kognitif mencapai 45%, afektif 35% dan psikomotor 40% pertemuan 2 pada aspek kognitif 60%, afektif 45% dan psikomotor 55%. Pada Pertemuan 3 pada aspek kognitif mencapai 85%, afektif 75% dan psikomotor 75% dan pada pertemuan 4 aspek kognitif  90%, afektif 90% dan psikomotorik 85%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Castel Manual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 9 dikelas IV SDN Marampiau dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran PPKn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI