DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KERAGAMAN BUDAYA DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING KOMBINASI PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN TELUK TIRAM 1 BANJARMASIN
PENGARANG:YOHAN ADI IRAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-24


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar terhadap muatan IPS pada materi keragaman budaya di negeriku pada siswa kelas IV SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin yang mengakibatkan hasil belajar siswa berada di bawah KKM. Penyebab dari masalah tersebut adalah kurangnya minat siswa, pembelajaran kurang menarik dan bermakna dan pembelajaran yang berlangsung satu arah. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Quantum Teachingkombinasi Picture and Picture. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi keragaman budaya di negeriku pada siswa kelas IV SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin yang berjumlah 15 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarakan dengan table, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 21 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan IV dengan skor 31 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 26,67% dengan kriteria “Kurang Aktif” meningkat pada pertemuan IV menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 53,33% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 93,33%.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teachingkombinasi Picture and Picturedapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswadan hasil belajar siswa.Disarankan kepada guru di SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin khususnya pada muatan IPS untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media dan model pembelajaran Quantum Teachingkombinasi Picture and Picture.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI