DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2019 (BEI) TAHUN 2017-2019
PENGARANG:Bayu Tirta
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-24


ABSTRAKSI

 

Bayu Tirta (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Food And Beverage Yang Terdaftar di BEI periode 2017-2019. Pembimbing : Dra. Sustinah Limarjani, MM, Ak, CA

            Penelitian ini dilakukan untuk (1) menguji profitabilitas terhadap kebijakan dividen, (2) menguji leverage terhadap kebijakan dividen, (3) menguji profitabilitas terhadap nilai perusahaan, (4) menguji leverage terhadap nilai perusahaan, (5) menguji kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan, (6) menguji pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening, dan (7) menguji leverage terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening.

            Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Populasi penelitian ini meliputi semua perusahaan manufaktur sector food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017- 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Data populasi penelitian sebanyak 31 perusahaan dan diperoleh sampel sebanyak 14 perusahaan sehingga data penelitian berjumlah 42. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi berganda dan analisis jalur (path analysis).

            Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen, (2) leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, (3) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (5) kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (6) kebijakan dividen tidak memediasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, dan (7) kebijakan dividen tidak memediasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan.

 

Kata kunci : profitabilitas, leverage, kebijakan dividen, nilai perusahaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI