DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIFITAS PENGELOLAAN ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH OLEH KANTOR BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:MAHRINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-24


Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yaitu minimnya Sumber Daya Manusia yang berkualitas, rendahnya kesadaran masyarakat, sistem informasi zakat dan lingkuan organisasi yang tidak mendukung.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diambil melalui penarikan sampel secara purposive sampling berjumlah 10 orang informan dengan menggunakan uji kredibilitas data yaitu perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan menggunakan bahan referensi.

Hasil penelitian efektivitas pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh oleh kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Hulu Sungai Utara yaitu kejelasan tujuan mereka dalam pengelolaan BAZNAS sudah tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Filosofi dan sistem nilai tentang mengapa organisasi ini dibentuk, dasar pemikiran dan apa yang ingin dicapai dalam pengelolaan ZIS ini yaitu ingin membantu penanggulangan kemiskinan. Komposisi dan struktur organisasi dari pengelolaan ZIS ini sudah diatur dalam tugas pokok dan fungsi dari masing-masing bagian yang berwenang. Teknologi organisasi sudah digunakan dalam kegiatan pengeolaan ZIS pada BAZNAS HSU salah satunya penggunaan media sosial facebook yang diperuntukkan sebagai sarana publikasi kegiatan yang dilakukan oleh BAZNAS HSU. Lingkungan organisasi, masih kurang mendukung dikarenakan bangunan yang dipergunakan sekarang merupakan pinjaman dari Pemerintah Daerah setempat dengan kondisi bangunan yang cukup tua dan kecil, serta berada diperempatan jalan yang cukup padat dan tidak memiliki area parkir.

Saran kepada pihak BAZNAS diupayakan untuk terus meningkatkan SDM yang handal untuk memajukan system pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh yang ada di BAZNAS HSU. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang fungsi BAZNAS dan cara kerja BAZNAS. Serta berusaha untuk meningkatkan partisifasi masyarakat dalam pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh pada BAZNAS HSU. Kepada Masyarakat, dihimbau supaya ikut serta dalam kelancaran program penyaluran, zakat, infaq dan shodaqoh pada BAZNAS HSU, dengan cara ikut menyalurkan zakatnya kepada badan Amil ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI