DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KOMUNIKASI RADIO TUNTUNG PANDANG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA NEW MEDIA
PENGARANG:ANNISA NUR SHABRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-24


Annisa Nur Shabrina, 1710414320008, 2021, Strategi Komunikasi Radio Tuntung Pandang Dalam Mempertahankan Eksistensi Di Era New Media. Di bawah bimbingan Siswanto Rawali dan Atika.

            Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dan manajemen Radio Tuntung Pandang, hingga masih dapat bertahan dan eksis di era new media saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data-data didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Miles and Huberman.

            Hasil penelitian menunjukkan beberapa strategi komunikasi dan manajemen yang diterapkan oleh Radio Tuntung Pandang. Strategi Komunikasi: (1) Untuk mengenali khalayaknya, radio ini melakukan survei kecil di media sosial instagram. (2) Dalam menyusun pesan ada beberapa hal yang dilakukan oleh radio ini, yaitu melakukan screening, menyajikan informasi teraktual dan terpercaya, serta mewajibkan seluruh penyiar untuk memberikan informasi saat siaran. (3) Dalam menyebarkan pesan dan mempertahankan eksistensi, terdapat dua metode yang digunakan oleh radio ini, yaitu melalui iklan layanan masyarakat dan penggunaan media sosial. (4) Beberapa media yang digunakan oleh Radio Tuntung Pandang adalah situs web, youtube, instagram, dan facebook. Manajemen Radio Tuntung Pandang untuk sementara waktu dijalankan oleh kepala Dinas Komunikasi & Informatika (Diskominfo) Kab. Tanah Laut, yang bertugas sebagai Dewan Pengawas dan melakukan pengorganisasian serta pembagian tugas di radio ini. Untuk mendukung kegiatan di radio, Diskominfo menyediakan seluruh dana yang diperlukan oleh radio tersebut.

 

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Manajemen, Radio Pemerintah, New Media

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI