DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY THINK HORAY DI SEKOLAH DASAR KOTA BANJARBARU
PENGARANG:ELENA MUTIARI DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-24


ABSTRAK

 

Dewi, Elena Mutiari. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pecahan Menggunakan Model Discovery Think Horay di Sekolah Dasar Kota Banjarbaru. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Hasil belajar peserta didik, Discovery Learning, Think Pair Share, Course Review Horay

Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik kurang memahami materi pelajaran yang diberikan, peserta didik belum mampu berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penyebab dari permasalahan tersebut adalah pembelajaran yang diberikan oleh pendidik kurang menarik perhatian peserta didik, proses pembelajaran tidak berpusat pada peserta didik dan kurangnya interaksi belajar antar peserta didik. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, Think pair Share dan Course Review Horay. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, mendeskripsikan aktivitas peserta didik dan menganalisis hasil belajar peserta didik.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 3 Syamsudin Noor tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 24 orang yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Data yang digunakan berbentuk kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui hasil observasi aktivitas pendidik, observasi aktivitas peserta didik dan hasil belajar yang dilakukan dengan tes tertulis. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah peserta didik dapat mencapai nilai ≥65 untuk ketuntasan individu dan dapat mencapai 80% peserta didik secara ketuntasan klasikal, serta aktivitas pendidik mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas peserta didik mencapai kriteria “Sangat Aktif”. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Baik”, pertemuan 2 kriteria “Baik” dan pertemuan 3 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan 2 kriteria “Aktif” dan pertemuan 3 kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar pada pertemuan 1 secara klasikal mencapai persentase ketuntasan sebesar 45,83%, pada pertemuan 2 sebesar 62,50% dan pada pertemuan 3 sebesar 87,50%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, Think pair Share dan Course Review Horay pada peserta didik kelas V SDN 3 Syamsudin Noor, aktivitas pendidik dapat terlaksana dengan sangat baik, aktivitas pendidik dapat terlaksana dengan kriteria sangat aktif dan hasil belajar peserta didik meningkat. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI