DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE STICK PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PEKAUMAN BANJARMASIN
PENGARANG:ALZINDANNI VARIRAHIEDY AGASI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-25


Agasi, Alzindanni Varirahiedy. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Siklus Air Menggunakan Model Learning Cycle Stick Pada Sekolah Dasar Negeri 1 Pekauman Kota Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Siklus Air, Model Learning Cycle, Talking Stick

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa SDN Pekauman 1 Banjarmasin mempunyai hasil belajar Ilmu Pengetahuan yang rendah, seperti : kemampuan siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru,  kemampuan siswa menerangkan  materi  kepada  siswa  lain,  kemampuan siswa mendapatkan nilai 

<  rata-rata kelas, kemampuan siswa mendapatkan nilai < KKM. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar yaitu melalui model kombinasi Learning Cycle 5E dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pekauman 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak  10 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa, dari teknik tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran melalui model LC5E di variasi dengan model Talking Stick, telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi siklus air. 

Kesimpulan penelitian ini bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam melaksanakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan Talking Stick pada materi siklus air terlaksana dengan baik. 

Saran hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru. diharapkan dapat menambah informasi sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pembinaan terhadap kinerja guru dan diharapkan hasil penelitian ini dapat diterapkan dan dikembangkan sebagai refrensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar (SD).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI