DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI MENGGUNAKAN MODEL GIVING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:ELFA ANISA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-25


ABSTRAK

Putri, Elfa Anisa 2021. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Muatan Ips Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Model GIVING  Pada Siswa Kelas IV SDN Pekauman 1 Banjarmasin Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Model GIVING

 

Era revolusi industri 4.0 menjadi perbincangan hangat di berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Pendidikan sebagai agent of change haruslah menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat beradaptasi dengan tuntutan zaman. Akan tetapi permasalahan yang terjadi pada pembelajaran di Sekolah Dasar belum sesuai dengan harapan. Siswa belum mampu untuk berpikir kritis, berinteraksi dan bekerjasama dengan baik. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model GIVING.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model GIVING. Subjek dari penelitian ini adalah  siswa kelas IV SDN Pekauman 1 Banjarmasin yang berjumlah 9 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuram dengan tes tertulis secara individu dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Kegiatan ini berlangsung sebanyak 4 kali pertemuan, dengan hasil aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 25 dengan kriteria baik menjadi 35 dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 44,44% dengan kriteria cukup aktif menjadi 100% dengan kriteria sangat aktif. Motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 55,56% dengan kriteria cukup tinggi  menjadi 100% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar aspek kognitif siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 55% menjadi 95% (klasikal). Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 44,44% menjadi 100% (klasikal). Berdasarkan penelitian ini maka model GIVING dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan motivasi belajar

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model GIVING dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI