DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL KABAR PERI SISWA KELAS 4 SDN MURUNG KARANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:ERIKA AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-25


ABSTRAK

Erika Agustina. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Kabar Peri Siswa Kelas 4 SDN Murung Karangan Kabupaten HuluSungai Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sedolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Drs. Mahmuddin M.Pd

 

Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Artikulasi, Picture and Picture dan Word Square

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Saat ini masih banyak aktivitas siswa yang rendah dikarenakan kurang aktifnya siswa pada saat proses pembelajaran dan itulah mengapa siswa kurang memahami konsep yang dipelajari , disebabkan karena pembelajaran yang kurang menarik dan bersifat satu arah, siswa belum mampu memecahkan masalah dalam menganalisis soal disebabkan siswa tidak terlibat dalam pembelajaran, siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran disebabkan karna siswa kurang melibatkan diri saat proses pembelajaran. Aktivitas siswa yang seperti ini tentu berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang mengalami peningkatan, dan bahkan bisa saja merosot dan lebih rendah dari hasil sebelumnya. Permasalahan tersebut di dukung dengan perolehan hasil belajar siswa muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang memperoleh hasil masih di bawah KKM di SDN Murung Karangan Kabupaten Hulu Sungai Utara

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Murung Karangan tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa 6 orang yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta dengan tes evaluasi hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 27, pertemuan II mendapat skor 37, pertemuan III mendapat skor 41, dan pertemuan IV mendapat skor 44. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh presentase 50,0%, pertemuan II memperoleh presentase 83%, pertemuan III dan IV memperoleh presentase 100%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 33,33%, pertemuan II mencapai 50%, pertemuan III mencapai 50% dan  pertemaun IV mencapai 100%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran KABAR PERI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model KABAR PERI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema 8 muatan IPS materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi di kelas IV SDN Murung Karangan dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI