DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA 8 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENTING DI KELAS V SD ISLAM RAHMATILLAH BANJARMASIN
PENGARANG:GUSTI SELLA FEBRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-25


ABSTRAK

Febriani, G. S. (2021). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Tema 8 Menggunakan Model Pembelajaran  GENTING Di Kelas V SD Islam Rahmatillah Banjarmasin. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Pembimbing Dr.Hj Asniwati,S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar, GENTING, Group Investigation, Number Head Together, Role Playing.

 

 

            Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan sosial dan hasil belajar  siswa. Hal ini disebabkan pembelajaran masih bersifat konvensional, model pembelajaran tidak bervariasi, dan masih berpusat pada guru serta siswa sulit memahami materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran GENTING yaitu model kombinasi Group Investigation, NHT dan Role Playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan sosial siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SD Islam Rahmatillah Banjarmasin tahun pelajaran 2020/2021. Jenis data dalam penelitian ini ialah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru. Data kualitatif dan kuantitatif untuk aktivitas dan keterampilan sosial siswa dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara kelompok dan individu.

             Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai persentase 50% yang meningkat pada pertemuan II dengan mencapai 83% serta mengalami peningkatan aktivitas yang sangat aktif pada pertemuan III mencapai persentase 94%. Keterampilan sosial siswa pada pertemuan I mencapai 50% yang mengalami peningkatan sangat tinggi hingga pertemuan III yaitu mencapai persentase 92%. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan I mencapai 42%, meningkat hingga pertemuan III dengan ketuntasan klasikal 83%.

            Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model GENTING dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan sosial dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan sosial dan hasil belajar siswa.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI