DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN TEMA 7 MENGGUNAKAN MODEL ARHEAD COURSE SISWA KELAS V SDN SUNGAI PITUNG BARITO KUALA
PENGARANG:M.TAUFIQ HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-08-25


ABSTRAK

Hidayat, M Taufiq. 2021. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan Ppkn Tema 7 Menggunakan Model Arhead Course Kelas V SDN Sungai Pitung Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd,M.Pd.

Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar Model Auditory Intellectualy Repetition (AIR), Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH).

Permasalahan siswa dalam pembelajaran PPKN tema 7 kelas V SDN Sungai Pitung Barito Kuala adalah rendahnya minat siswa untuk menggali materi lebih jauh serta kurangnya interaksi antar siswa dan siswa terlihat bosan dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan hanya duduk dan mencatat sambil mendengarkan guru menjelaskan. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar yaitu melalui  model Auditory Intellectualy Repetition (AIR), Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, motivasi belajar siswa, aktivitas siswa dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sungai Pitung Barito Kuala Tahun Pelajaran 2020/2021, jumlah siswa sebanyak 8 orang. Data dihasilkan dari lembar instrument lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masig indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa, motivasi siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat, pada pertemuan I mendapatkan kriteria “Baik”, meningkat menjadi kriteria “Sangat Baik”. Motivasi siswa pada pertemuaan I mencapai skor kriteria “Kurang Tinggi” dan selalu mengalami peningkatan sehingga pertemuan III mencapai skor kategori  “hampir seluruh siswa sangat tinggi”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan I memperoleh “Aktif” dan meningkat pada pertemuan III menjadi kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 50% dan meningkat pada pertemuan III memperoleh 100%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa  model Auditory Intellectualy Repetition (AIR), Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI